POLITIK ALFIYYAH SANTRI SALAFIYYAH

*POLITIK DAN ALFIYAH IBNU MALIK*


Dalam dunia pesantren dan akademis, kitab Alfiyah Ibnu Malik adalah salah satu kitab rujukan utama dalam mempelajari ilmu gramatika Arab dan Balaghoh. Tetapi, dalam kitab Alfiyah Ibnu Malik pun banyak tersimpan kata-kata mutiara dan filsafat yang bisa dijadikan sebagai pegangan hidup, baik dalam kehidupan sosial kemasyarakatan atau bahkan Politik. Diantaranya:
وفى اختيار لا يجيئ المنفصل
اذا تأتي أن يجيئ المتصل

Dalam kajian Gramatika sebenarnya nadzom tsb sedang menjelaskan tentang tatacara penggunaan isim dhomir, Muttasil ( nyambung) dan munfasil (terpisah), jika dlm sebuah kalimat bisa didatangkan dhomir Muttasil maka tidak boleh memilih dhomir Munfasil. Tetapi, jika kita pahami lebih jauh nadzom tsb bisa juga bermakna politik yaitu " Seyogyanya, jika ada dua orang yang mencalonkan diri (Muttasil dan Munfasil) sebagai pemimpin sebaiknya kita memilih orang yang lebih dekat ( Muttasil) seperti misalnya :satu organisasi, satu kampung, dls. Contoh:  KH. Ma'ruf Amin adalah orang NU yang mencalonkan diri dalam bursa pilpres, maka seyogyanya warga NU harus memilih beliau (Muttasil dalam satu wadah NU) karena lawannya bukan dari NU ( Munfasil).
Hal ini ditegaskan dengan nadzom setelahnya:

وَقَدِّمِ اْلأَخَصَّ فِي اتِّصَالِ
وَقَدِّ مَنْ مَا شِئْتَ فِي انْفِصَالِ

Orang NU yang berpegang teguh pada pendirian dan menghormati organisasi NU maka akan memilih pemimpin dari golongan NU, apalagi yang mencalonkan diri adalah Kyai sekaligus Rais 'am NU (اخص فى إتصال) , orang yang bukan NU  (Munfasil) terserah mau pilih siapa saja, bukan urusan NU (وقدمن ما شئت فى انفصال).
Dalam mencari pemimpin Alfiyah Ibnu Malik menggambarkan:

وَلَا يَجُوْزُ اْلإِبْتِدَا بِالنَّكِرَةِ
Tidak diperkenankan memilih pemimpin yang tidak kita ketahui ( الابتداء بالنكرة), memilih pemimpin (mubtada) seyogyanya adalah seorang yang kita ketahui (ma'rifat) keilmuannya, keagamaannya, kepribadiannya, dst...
So,
ajak semua keluargA,  ajak semua temAn,
untuk memilih KH.Ma'ruf AmiN...

Santri Salafy nderek guru kyai urip tekan mati...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pondok Pesantren RMA (Mondok Nyambi Sekolah) di Purwodadi

Pesan Maaf untuk Ibu